TIGA HARI BERSAMA SATU INDONESIA 'INSPIRASI 60 TAHUN ASTRA DI MAKASSAR

03.46.00

Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan (keempat kanan), Perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan, Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi Pembangunan & Keuangan Ir Denny Irawan, S.MSi. (keempat kiri), Perwakilan Kapolda AKBP Suratmin SH (ketiga kanan), Perwakilan Pangdam Kolonel CBA Novi T. Wibowo (ketiga kiri), Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi Santoso (kedua kanan), Chief of Finance and Accounting PT Astra International Tbk Endro Wahyono (kedua kiri), Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kanan), dan Koordinator Wilayah Grup Astra Makassar Suhardi (kiri) memukul gendang sebagai tanda dibukanya HUT ke-60 Astra di Makassar.

Terima kasih untuk tim Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia dari Astra yang telah memilih Ayunda sebagai pemenang SATU Indonesia Berbagi  blog competition #Astra60Makassar, sehingga berhasil menyabet hadiah utama, laptop Lenovo V310 + Uang Saku. Tidak hanya itu, Ayunda juga diperkenankan untuk mengikuti semua rangkaian Inspirasi 60 Tahun Astra di Makassar.

Nah, teman-teman, seperti itulah kata pembuka dari pidato Ayunda di depan pejabat-pejabat Astra dan juga Walikota Makassar. Tapi sayangnya, itu hanya khayalan semata. Karena saat ini, Ayunda sedang berdiri, melihat Walikota Makassar memberikan sambutannya di Kelurahan Rappocini. 

Tiga hari bersama tim SATU Indonesia dalam rangka memeriahkan Inspirasi 60 Tahun Astra di Makassar, ditambah sehari sebelumnya bertualang ke Jeneponto, adalah hal yang luar biasa. Diawali sejak 16 November, aku diajak tim SATU Indonesia untuk mengunjungi Ridwan Nojeng, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2016 di Kabupaten Jeneponto. Aku sudah menceritakan semuanya di artikel sebelumnya. Silakan klik di sini untuk baca perjalanan lengkapku.

Daeng Ichal (Wakil Walikota Makassar) - Aku  

Setelah pulang dari Jeneponto, keesokan harinya yaitu 17 November kemeriahan Inspirasi 60 Tahun Astra pun dimulai di Kota Makassar. Walaupun capek dari perjalanan kemarin, aku sangat excited untuk acara pada 17 November ini. Inspirasi 60 Tahun Astra telah dimeriahkan dari bulan Februari 2017. Makassar adalah kota keenam, sebelumnya adalah Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, dan Medan.

Special Event Inspirasi 60 Tahun Astra di Makassar adalah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan. Secara garis besar, rangkaian acaranya yaitu Astra Untuk Indonesia Sehat yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Astra di bidang kesehatan sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional yang dikemas secara menarik bagi masyarakat dalam beragam pokok kegiatan antara lain apresiasi Astra untuk Indonesia Sehat, Festival Kesehatan Astra, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, Healthpreneur Talkshow, dan beragam kegiatan lainnya.

Astra on Becoming Pride of The Nation Talkshow
Seperti yang aku bilang tadi, kegiatan hari pertama yaitu di Ballroom The Rinra Hotel. Kegiatan hari pertama ini yaitu Bedah Buku Astra, Astra Start-Up dan Healthpreneur Talkshow, dan Inspirasi Halte Bersih. Kegiatan hari pertama dibuka dengan tarian tradisional Pakkarena, setelah itu sambutan dari Bapak Widya Wiryawan, Direktur PT Astra International Tbk. Setelah Itu sambutan dari Gubernur Sulawesi Selatan, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Denny Irawan.

Anyway, aku pernah bertemu dengan Bapak Denny Irawan sebelumnya. Waktu kuliah internship dulu, aku internship di Kantor Gubernur tepat di bawah Biro Pak Denny yaitu Biro Humas. Aku ingat banget, waktu masuk ruangan Pak Denny dulu, dia pernah bertanya “kamu bisanya apa?” Dari pertanyaan beliaulah akhirnya aku mengasah bakat menulisku yang sudah ada sejak aku duduk di bangku SMP. Berkat pertanyaan beliaulah aku terus bertanya-tanya pada diriku sendiri “aku bisanya apa?” Saat ini aku belum bisa menjawab banyak, tapi setidaknya, aku bisa banyak belajar berkat pertanyaan “kamu bisanya apa?”.

Intermezo! Setelah sepatah-dua kata dari Pak Denny, tibalah prosesi pembukaan HUT #Astra60Makassar oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Pak Denny Irawan, bersama Pangdam, Kapolda, Bapak Widya Wiryawan, Bapak Aloysius Budi S, Bapak Endri W, Bapak Riza D dan Bapak Suhardi.

Setelah prosesi pembukaan HUT ke-60 Astra di Makassar, acara dilanjutkan penyerahan buku Astra secara simbolis kepada pejabat daerah dan juga ke perwakilan universitas. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan Bedah Buku Astra. Ada dua pembicara yaitu Bapak Aloysius Budi S, Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk dan juga Ibu Uni Lubis, Senior Journalist Rappler Indonesia.

Astra Start-Up & Healthpreneur Talkshow
Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Talkshow Kewirausahaan bersama pemuda-pemudi kreatif dalam bidang entrepreneur, yaitu dr. Gamal Albinsaid founder Homedika dan Klinik Asuransi Sampah, Shinta Nurfauzia CEO Lemonilo, Mariati founder Lucklig & Co sekaligus juga pemenang Astra Start-up Challange Batch 1, dan juga Bpk. Jefri R. Sirait selaku Presiden Direktur PT Astra Mitra Ventura.
Dalam talkshow ini peserta kurang lebih dari 200 mahasiswa dan 200 anggota komunitas entrepreneur di Makassar.

Inspirasi Halte Bersih

Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan (kedua kanan), Chief of Finance and Accounting PT Astra International Tbk Endro Wahyono (kiri), Head of Public Relations Division PT Astra International Tbk Yulian Warman (kedua kiri) dan Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kanan) melakukan pengecatan Halte BRT Losari. Sumber : www.astra.co.id/media-room/press-release.

Tidak hanya talkshow, rangkaian acara HUT 60 Astra di Makassar juga sekaligus menjadi ajang untuk merevitalisasi 20 halte di kota Makassar sebagai bagian dari perencanaan 600 Halte Bersih di seluruh Indonesia. Di Makassar sendiri, Astra melakukan revitalisasi, yang dilakukan dalam bentuk pembersihan, pengecatan, dan perapihan, terhadap 20 halte se-Makassar. 

Talkshow Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL)

Hari kedua (18/11), yaitu talkshow Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Talkshow IAABL ini diisi oleh Bpk. Sigit Kumala selaku Executive Astra Motor, Rally Marina pembalap nasional dan juga Bpk. Agus Wijayanto Dirlantas Polda Sulsel. Peserta yang hadir pada talkshow hari kedua ini sekitar 400 peserta yang merupakan anggota komunitas roda dua dan empat, komunitas pemuda serta mahasiswa, dan siswa SMK di Kota Makassar juga mengikuti sosialisai bahaya narkoba oleh BNN Provinsi Sulawesi Selatan.

Festival Kampung Berseri Astra (KBA)

Saat memasuki kelurahan Rappocini, akan di sambung seperti ini. 

Setiap lorong di Kelurahan Rappocini penuh dengan warna, bersih, dan banyak cabangnya, jangan takut tersesat yah! Soalnya setiap kamu jalan, akan ada marka jalan yang memberikan petunjuk arah. 

Petunjuk atau marka jalan di Kelurahan Rappocini. 

Kegiatan hari kedua ini paralel. IAABL berlangsung di Ballroom The Rinra Hotel, sedangkan di Kelurahan Rappocini hadir Festival Kampung Berseri Astra (KBA). Kelurahan Rappocini adalah kelurahan yang dipilih Astra sebagai KBA karena memenuhi kriteria. Ini sudah aku ceritakan di artikel ‘Makassar Menuju Kota Dunia’ yah, silakan dibaca lagi : ) Nah, di KBA ini hadir Walikota Makassar, Bapak Ramdhan Pomanto dan juga Chief of Corporate Finance & Accounting PT Astra Internation Tbk Bpk. Endro Wahyono yang juga meresmikan Lorong Sehat dan Lorong Hijau di KBA Rappocini Makassar, dengan penandatanganan prasasti.

“Ini merupakan momentum yang luar biasa. Kami bermimpi banyak perusahaan-perusahaan besar mendukung program pemerintah. Masuknya Astra melalui KBA ini mendukung gerakan lorong ini, karena ini merupakan cara kami dalam membangun kota. Hal itu juga sejalan dengan “Nawa Cita”. Melalui lorong, kami mengembangkan suatu kota karena sel-sel di dalam lorong inilah yang dapat menjadi indikator kemajuan kota itu sehat atau tidak,” tutur Walikota Makassar Ramadhan Pomanto.
KBA Rappocini ini telah dibina Astra sejak 2016 dan merupakan salah satu dari 71 KBA yang dibina Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia. KBA merupakan daerah percontohan dan binaan yang memiliki lingkungan bersih, hijau serta dihuni masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. KBA yang tersebar di seluruh 34 provinsi di Indonesia ini diharapkan dapat mencerminkan empat Pilar CSR Astra, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.


UKM-UKM yang mengikuti lomba.
Peresmian Lorong Sehat dan Lorong Hijau juga diramaikan dengan berbagai perlombaan seperti Lomba Hias Olahan Sehat khas Makassar (Songkolo Bagadang) dan Lomba Permainan Tradisional Sehat. Pengunjung yang ditargetkan mencapai 750 orang juga dapat menikmati bazaar UKM Sehat dan layanan pengobatan serta pemeriksaan mata gratis.
Festival Kesehatan

Festival Yoga di Anjungan Pantai Losari

Dari semua rangkaian yang aku ikuti, aku paling suka dengan momen dimana aku pergi mengunjungi Ridwan Nojeng, penerima SATU Indonesia Awards di Jeneponto, jari dimana aku pergi ke Kampung Berseri Astra di Rappocini dan juga hari terakhir, Festival Kesehatan yang diadakan di Pantai Losari. Kenapa aku sangat suka hari terakhir ini? Karena aku pergi ke Rumah Sakit Apung (RSA) yang didirikan oleh dr. Lie Dharmawan.


dr. Lie Dharmawan (tengah) bersama Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kementerian Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan Republik Indonesia dr. Sigit Priohutomo (kedua kiri)

Aisyah – dr. Lie Darmawan - Aku

dr. Lie Dharmawan ini mendirikan doctorSHARE, yang pada tanggal 26 Maret 2009 melakukan pelayanan medis “Cuma-Cuma” di Langgur, Kei Kecil-Maluku Tenggara. Saat melangsungkan pengobatan, di luar rencana datang seorang ibu membawa anak berusia 9 tahun dalam keadaan usus terjepit.

Mereka sudah berlayar selama tiga hari dua malam mengarungi lautan untuk sampai ke tempat itu. Menurut teori medis, seseorang dengan usus terjepit harus sudah dioperasi dalam waktu 6-8 jam. Anak perempuan tersebut akhirnya dioperasi dan tinggal menunggu proses pemulihan.

Rumah Sakit Apung

Ada 3 (tiga) Rumah Sakit Apung yang didirikan dr. Lie Dharmawan di kota Makassar
Peristiwa ini ternyata mampu menggugah hati dr. Lie Dharmawan, pendiri doctorSHARE (Yayasan Peduli Dokter). Akhirnya beliau terpanggil untuk melakukan sesuatu bagi mereka yang tidak mendapatkan pelayanan medis sebagaimana mestinya karena kendala geografis dan kondisi finansial. Ide utamanya adalah ‘menjemput bola’ melalui rumah sakit bergerak atau rumah sakit terapung di atas sebuah kapal. 

Tentu saja banyak yang menentang "ide gila" ini. Apalagi kalau melihatnya sendiri, jiwa sosial seseorang pasti akan tergerak melihat orang yang sedang sakit yang membutuhkan bantuan. Melalui RSA yang dibangun dr. Lie, banyak nyawa yang tertolong, banyak orang sakit yang disembuhkan.


Anyway, buat kalian yang belum baca artikel aku sampai bisa pemenang pertama di SATU Indonesia Berbagi, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul Makassar Menuju Kota Dunia, dan juga baca pengalaman aku waktu ke Jeneponto menemui Ridwan Nojeng, penerima SATU Indonesia Awards.


Untuk informasi detail mengenai Semangat AstraTerpadu Untuk (SATU) Indonesia silahkan mengunjungi website mereka. Sekian tulisan aku kali ini, semoga bermanfaat buat kalian : )

Let’s be friend, follow my social media:
Instagram @ayuindahts
Youtube Channel Ayu Indah Trisusilowaty

For business inquiries please contact me on :
Email:

So thank you for reading and see you on my next beauty journey^^
With Love
  

You Might Also Like

3 komentar

  1. Wah, gokil nih. Sepertinya besok harus lewat Rappocini kalau berangkat ngantor. :D

    BalasHapus
  2. Mantaappp yundaaaa
    keren skali perjalanannyaaa
    goodluck dan sukses selalu yaaaaa cantikkuuu

    BalasHapus
  3. astra perusahaan keren nih

    BalasHapus

Subscribe