MUNCUL JERAWAT DI DAGU? INI PENYEBAB DAN CARA MENGHILANGKANNYA

03.54.00

    Masalah jerawat tidak hanya muncul pada wajah, bagian tubuh lain seperti dahi, kulit kepala, pantat dan dagu juga kerap ditemui. Dimanapun jerawat timbul, pastinya tetap mengganggu, baik dari segi penampilan dan juga rasa nyeri yang diderita. Jerawat yang muncul di dagu kebanyakan diakibatkan oleh gesekan oleh tangan maupun benda lain, tapi ada penyebab lain yang harus anda ketahui.

Penyebab Jerawat di Dagu

Penyebab jerawat yang muncul di dagu harus diketahui penyebabnya agar dapat dihindari. Sesuai dengan pepatah bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati, jadi mari kita simak beberapa penyebabnya berikut!

1. Tidak Menjaga Kebersihan Wajah

Salah satu penyebab utama yang harus diketahui yaitu kurang memperhatikan kebersihan tubuh, terutama pada daerah wajah, dimana lebih sensitif dari bagian yang lain. Wajah yang kotor akibat debu, polusi dan sel kulit mati yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan jerawat jika bercampur dengan minyak yang diproduksi kulit.

Untuk itu, lebih baik anda membersihkan wajah setiap hari dengan facial wash untuk kulit berjerawat. Idealnya, mencuci muka dilakukan dua kali sehari, yakni sebelum tidur dan sesudah bangun tidur atau aktivitas diluar ruangan.

2. Perubahan Hormon

Penyebab lain juga bisa diakibatkan oleh perubahan hormon, biasanya hal ini terjadi pada masa puber atau ibu hamil. Pada pria, umumnya terjadi saat hormon androgen mengalami peningkatan. Hormon tersebut memproduksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga kotoran dan debu di wajah tidak dapat terangkat seluruhnya.

Jika jerawat timbul akibat yang satu ini, tentu tidak dapat dilakukan langkah pencegahan. Akan tetapi jangan khawatir karena anda bisa melakukan langkah pengobatan.

3. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Penyebab ini biasa terjadi pada pria yang sering mencukur rambut di dagu. Gesekan yang diakibatkan pisau cukur dapat menyebabkan iritasi, hal ini dapat menyebabkan benjolan kecil seperti jerawat di kemudian hari.

Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan cara mengganti pisau cukur setelah beberapa kali pemakaian. Hal ini dilakukan agar pisau tetap steril dan tajam sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

Apapun penyebab yang menimbulkan jerawat di dagu, pasti ada cara untuk mengobatinya. Jika langkah pencegahan tidak terlalu membantu, berikut langkah pengobatan yang bisa dilakukan!

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan daerah wajah tidak hanya membantu sebagai langkah pencegahan saja, dalam beberapa kasus gangguan jerawat ringan dapat diobati dengan hanya membersihkan wajah rutin setiap hari.

Anda bisa membersihkan wajah dengan sabun muka atau produk perawatan wajah lainnya. Untuk sementara, anda bisa mengurangi penggunaan pelembap untuk menghindari produksi minyak berlebih.

2. Jangan Memencet Jerawat

Sebagian besar orang dengan gangguan jerawat lebih suka memencet sebagai langkah awal “pengobatan”. Hal ini justru berbahaya karena dapat menimbulkan infeksi dan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

3. Mengompres Jerawat

Mengompres jerawat di dagu dengan es batu bukan untuk menghilangkan jerawat yang muncul, mainkan untuk menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh peradangan.

Gunakan es batu yang dibungkus dengan kain, kemudian tempel pada jerawat yang muncul di dagu. Lakukan cara ini sekitar 1 menit setiap malam sebelum tidur, atau bisa juga ketika anda merasakan nyeri berlebih.

4. Menggunakan Obat Jerawat

Cara paling efektif untuk menghilangkan jerawat di dagu dan pada bagian tubuh lain yakni menggunakan obat jerawat. Banyak obat yang bisa anda beli di apotek atau di toko obat dengan berbagai merek dan jenis. Beberapa obat dapat dibeli bahkan tanpa menggunakan resep dokter.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan obat sebagai cara menghilangkan jerawat di dagu, pastikan bahwa obat tersebut mempunyai beberapa kandungan berikut!

  • Retinoid, salah satu fungsinya untuk mencegah penyumbatan pori folikel (folikel rambut).
  • Benzoil peroksida, obat ampuh untuk mengatasi jerawat dengan kondisi parah, bahkan bernanah.
  • Asam salisilat, untuk membersihkan pori-pori kulit dan mengangkat sel mati.
  • Antibiotik, pada kasus jerawat parah, bahan ini dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.
  • Asam azelaic, salah satu jenis asam yang berasal dari hewan dan gandum untuk melawan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Pil KB, gunakan sesuai dosis dan anjuran dokter karena dapat mengurangi penyebaran jerawat di dagu.
  • Sulfur, membantu mengurangi dan menghilangkan jerawat serta gangguan kulit lain.

Cara Mencegah Jerawat di Dagu

Sempat disinggung sedikit diatas pada bagian penyebab jerawat di dagu. Kali ini merupakan tips lengkap dari beberapa langkah pencegahan yang bisa anda lakukan!

  • Kurangi makanan berlemak dan manis yang dapat memicu munculnya jerawat.
  • Hindari stres berlebih karena dapat mengakibatkan hormon tidak stabil.
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah, jika ingin menggaruk, gunakan bagian belakang tangan.
  • Gunakan sunblock (tabir surya) jika keluar rumah, lebih baik lagi jika anda mengurangi aktivitas diluar rumah.
  • Setelah menggunakan make-up dan tidak terpakai lagi, bersihkan dengan pembersih khusus atau menggunakan sabun muka.
  • Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit, pastinya setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda.
  • Ikuti pola makan sehat, salah satunya perbanyak makan sayur dan buah.

Penyebab jerawat di dagu dan pencegahannya sudah dibahas lengkap diatas, khusus untuk cara menghilangkannya, anda mungkin perlu konsultasi pada dokter kulit untuk hasil lebih optimal.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe