PENTINGNYA DOUBLE CLEANSING BAGI KESEHATAN KULIT || AYU INDAH

05.18.00


          Pada jaman dahulu kala, sebelum mengenal makeup dan skincare dengan baik, tahap-tahap membersihkan wajah ya gitu-gitu aja hehe  : ) Asal sudah malam atau sore, mau membersihkan diri, untuk wajah ya cuci muka saja sudah cukup. Wajah juga terasa bersih setelahnya. Memang dasarnya beda jaman yah, dan pengetahuan semakin berkembang. Ternyata membersihkan makeup, kotoran, debu dan minyak berlebih yang nempel dikulit tidak hanya cukup dengan menggunakan cleanser saja. Sekarang, ada double cleansing yang dikenal sebagai ritual kecantikan yang makin hari makin popular dikalangan perempuan.
Jadi sekarang karena aku sudah tahu bagaimana pentingnya menerapkan double cleansing untuk membersihkan wajah, aku jadi menerapkannya. Well yeah, aku yakin diantara kalian masih ada yang ngak tahu seperti apa double cleansing itu. Atau mungkin….. sebelumnya kalian sudah mendengarnya tapi ngak tahu itu apa. Juga mungkin ada diantara kalian yang malah overcleansing dalam membersihkan wajah gara-gara minyak berlebih. Alhasil, kulit kalian malah semakin kering karena kalian pikir, ngak apa-apa mencuci wajah berkali-kali asal minyak berlebih bisa ludes. So yeay!! Yuk kita bahas apa sih pentingnya menerapkan double cleansing untuk kesehatan kulit.


            Seperti namanya, Double Cleansing adalah cara membersihkan wajah dengan 2 langkah. Menerapkan double cleansing dalam membersihkan wajah sangat penting perannya untuk menjaga kesehatan kulit kita. Agak ngeri ya kalau sudah menyangkut “kesehatan kulit” Apa kita masih mau acuh??
            Apalgi bagi kamu yang menggunakan makeup untuk riasan wajah sehari-hari, menerapkan double cleansing adalah sebuah “kewajiban”. Kalian yang tidak menggunakan makeup untuk sehari-haripun, memiliki keharusan melakukan double cleansing. Sebenarnya seperti apasih konsep double cleansing itu?
            Seperti namanya, ada 2 tahap penting yang harus kita lakukan. Yaitu:
Ø  Mengangkat kotoran, makeup, debu, minyak berlebih yang menempel pada wajah.
Ø  Membersihkan kulit wajah yang sudah terbebas dari makeup.

Untuk lebih jelasnya, yuks kita bahas di bawah ini (lah kaya pelajaran ajah hahah : )
1.       First Cleanser
Ada banyak jenis first cleanser yang bisa kalian gunakan sesuai jenis dan kebutuhan kulit kalian. Diantaranya yaitu cleansing milk, cleansing lotion, cleansing oil, micellar cleansing water, cleansing balm dan jenis-jenis cleansing lainnya. Aku sendiri biasanya menggunakan cleansing lotion atau micellar cleansing water.
Pertama, hal yang harus diperhatikan, jika kalian memakai full makeup, kalian harus membersihkan bagian mata terlebih dahulu. Gunakan eye makeup remover untuk ,menghapus riasan mata kalian seperti eyeliner, mascara, juga eyeshadow. Setelah itu, gunakan cleanser favorit kalian. Kalau aku biasanya menggunakan Wardah Hydrating Cleanser. Cara penggunaanya, akau pakai merata keseluruh wajah dengan gerakan memutar ke atas, kemudian aku angkat seluruh makeup dengan menggunakan kapas.
2.      Second Cleanser
Selanjutnya masuk pada tahap kedua yakni membersihkan kulit yang sudah bebas dari makeup. Kalian bisa menggunakan facewash/facial foam favorite kalian. Kalau aku sendiri saat ini menggunakan Garnier Duo Clean Whitening + Pore Minimizing.
Lalu Kapan Sih Kita Menerapkan Double Cleansing?
            Tentu saja setiap hari setelah kita melakukan aktifitas. Lakukan setiap malam atau sore hari saja sebelum kalian mandi sore *aku sih gitu* heheh : ) Double cleansing tidak perlu diterapkan di pagi hari ya, karena kulit hanya perlu di bersihkan dari sisa skincare semalam. Terkecuali, kalau tidur menggunakan makeup, maka sangat penting untuk mengangkat sisa makeup dengan first cleanser terlebih dahulu.
            Setelah menerapkan double cleansing, hal yang selanjutnya aku lakukan adalah menggunakan hydrating toner. Tahap ini juga sangat penting. Karena toner berfungsi mengembalikan kelembaban kulit wajah kita setelah cuci muka tadi. Selain itu, toner bisa meringkas pori-pori, juga untuk mempersiapkan kulit wajah kita menerima skincare selanjutnya.
            Jadi, kesimpulannya adalah, yuuk menerapkan double cleansing agar kulit kita makin bersih dan terawat.
            Thank you yeah sudah membaca tulisanku lagi, semoga bermanfaat buat kalian. See you on my next journey^^
Feel free to ask me anything on my social media like:

Facebook Ayu Indah Trisusilowaty
AskFM @ayuindahts
Instagram @ayuindahts
Email ayuindaah@gmail.com


With Love
















                    

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe